Teknologi Yang Hdir Pada tahun 2014

     


        Perkembangan teknologi terus berganti seiring waktu yang terus berjalan. Pada tahun 2014, beberapa teknologi yang diperkirakan bakal hadir ternyata mengalami penundaan. Contohnya Intel yang akhirnya menunda kehadiran prosesor Intel Broadwell 14nm. Begitu pula dengan AMD yang tidak menghadirkan jajaran kartu grafis terbarunya. Namun demikian, banyak pula beberapa teknologi keren yang hadir dimana beberapa diantaranya bisa jadi masih berupa impian beberapa tahun silam.

Hendo Hover

hover
    Masih ingat dengan adegan saat Marty McFly (Michael J.Fox) saat mengendarai sebuah skateboard tanpa roda yang melayang pada film “Back to the Future”? Alat dengan nama Hoverboard tersebut memang masih merupakan impian saat itu. Namun di tahun 2014, perangkat tersebut mulai diperkenalkan melalui proyek yang hadir di Kickstarter yang diberi nama Hendo Hover.

    Keajaiban dibalik Hendo Hover terdapat pada mesin yang terletak dibagian bawah yang terdiri dari 2 atau 4 bagian berbentuk bulat. Mesin ini menciptakan efek magnet spesial yang akan memberikan tekanan sehingga papan tersebut bisa melayang. Hingga kini alat tersebut masih berupa purwarupa dan sudah diujicoba oleh Tony Hawk, pemain skateboard profesional terkenal. Alat keren ini memang masih terus disempurnakan dan pihak pembuatnya menargetkan akan rampung di tahun 2015.

3D printing

    3D printing, proses pembuatan obyek benda tiga dimensi yang sebelumnya dibentuk melalui model digital, diperkirakan akan memasuki era komersialisasi tahun ini. Dengan 3D printing, produsen dapat membuat berbagai produk dalam jumlah kecil karena mereka tidak perlu cetakan mahal untuk proses manufaktur nya.
    China telah menjadi pabrik dunia, hampir semua benda saat ini diproduksi secara massal di China, sehingga beberapa negara-negara maju berusaha untuk membedakan diri dengan produk yang bisa disesuaikan dengan mudah. Untuk memenuhi permintaan konsumen tertentu dan mitra mereka, beberapa perusahaan dari negara maju ini mulai tertarik dalam teknologi 3D printing, terutama di bidang teknologi otomotif, kedokteran, bioteknologi dan astronomi.

Prosesor Tercepat di Dunia

intelcore
    Agustus 2014, Intel menghadirkan varian prosesor dari keluarga Haswell-E yang diklaim sebagai prosesor tercepat di dunia. Diantaranya melalui Intel Core i7-5960X dengan clock 3 GHz yang merupakan prosesor Intel pertama dengan 8 core atau 16 thread. Hadir pula Intel Core i7-4790K quad-core yang merupakan satu-satunya prosesor Intel dengan clock 4 GHz. Sebagai pesaing, AMD memang telah lebih dulu menghadirkan prosesor dengan kemampuan clock maksimal hingga 5 GHz, namun kinerjanya tidak seimpresif prosesor high-end milik Intel.

Memory DDR4

ram-ddr4
    Hadirnya prosesor Intel Haswell-E membawa perubahan pula terhadap kehadiran generasi memori RAM terbaru yaitu DDR4. Lebih kencang serta jauh lebih tangguh dibanding DDR3, kehadiran DDR4 menjadi penantian yang akhirnya terwujud di tahun 2014. Meski harganya masih cukup mahal, ketangguhannya tetap menjadi incaran para enthusiast serta overclock mania.



Sumber : 

https://www.pcplus.co.id/2014/12/teknologi-keren-yang-hadir-sepanjang-2014/

https://www.tizenindonesia.org/2014/01/10-tren-teknologi-di-tahun-2014.html

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan Komputer di Indonesia

Pengertian Text Editor