Perkembangan Komputer 2019

 

        Dari dulu hingga sekarang, teknologi buatan manusia akan terus berkembang. Demikian pula dengan perkembangan teknologi komputer terkini yang juga semakin canggih. Jika dulu komputer berupa perangkat elektronik sebesar ruangan, sekarang telah berevolusi menjadi perangkat digital yang bisa digenggam tangan.
Di tahun 2019 nanti, tentu banyak perusahaan teknologi terutama yang bergerak dibidang komputasi dan teknologi informasi yang akan mengeluarkan teknologi terbaru mereka. Tujuannya tak lain untuk memenuhi keperluan masyarakat yang kian kompleks. Dengan adanya teknologi komputer terbaru saat ini diharapkan bisa meningkatkan performa dan efisiensi ketika bekerja, belajar, ataupun untuk sarana hiburan.

Arsitektur AMD Zen 2

Tak mau kalah dengan Intel, AMD juga berencana akan meluncurkan teknologi arsitektur terbaru yaitu Zen 2. Arsitektur Zen 2 ini rencananya akan diproduksi dengan fabrikasi 7nm oleh perusahaan TSMC. Zen 2 diharapkan memiliki peningkatan IPC dari generasi sebelumnya (Zen dan Zen+).
Zen 2 rencananya akan mengintegrasikan mitigasi keamanan Spectre. Selain fabrikasi core CPU 7nm, Zen 2 juga menggunakan I/O dengan fabrikasi 14nm. Dengan fabrikasi tersebut, kemungkinan CPU dengan arsitektur Zen 2 maksimal punya 64 core 128 thread.

AMD Navi

Selain Zen 2, AMD juga berencana merilis arsitektur terbaru untuk GPU Radeon. Arsitektur tersebut diberi nama kode Navi dan akan diluncurkan tahun 2019 esok. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh arsitektur Navi yaitu memori generasi terbaru.

Intel Ice Lake

Akhirnya Intel akan menggunakan teknologi manufaktur baru yaitu 10nm. Arsitektur ini akan menjadi yang pertama diproduksi dengan teknologi tersebut. Dengan mengusung core Sunny Cove, Intel akan memasukan sejumlah fitur baru dalam arsitektur ini.
Beberapa perubahan dalam arsitektur ini diantaranya
  • Peningkatan kapasitas L1 dan L2 cache
  • GPU gen 11 yang mendukung hingga 5K dan 8K
  • Instruksi AVX-512 baru
  • Dukungan standar teknologi IEEE 802.11ax

PCI Express 5.0

Slot PCI Express merupakan slot pengganti PCI/PCI-X/AGP. Berbeda dengan slot sebelumnya yang menggunakan arsitektur paralel, PCI Express justru menggunakan arsitektur serial yang menghubungkan ke setiap perangkat. Slot PCI Express umumnya digunakan untuk kartu grafis eksternal dan perangkat media penyimpanan.


Inilah Teknologi Komputer Terbaru Di Tahun 2017
PCI Express. Credit : wikipedia

PCI-SIG menyatakan versi terbaru PCI Express 5.0 akan hadir setidaknya di tahun 2019. Kali ini PCI Express mampu menangani bandwidth data hingga 32 GT/s, dua kali lipat dari versi sebelumnya, 4.0. PCI Express 5.0 juga tetap akan mempertahankan kompatibilitas dengan versi sebelumnya baik pada software atau antarmuka fisik.

Next-gen DisplayPort

Teknologi Komputer Terbaru Yang Wajib Ditunggu Tahun 2019

Jika kalian memperhatikan pada VGA card terbaru pasti ada DisplayPort. DisplayPort (DP) merupakan antarmuka tampilan digital modern yang menggantikan konektor VGA (D-Hub) dan DVI. DisplayPort utamanya berfungsi untuk mentransmisikan data video digital. Namun, DP juga mampu mentransmisikan sinyal audio, data USB, dan lain-lain.
Rencananya, versi terbaru DP ini akan menghasilkan kecepatan transfer data hingga 64,8 Gbit/detik. Atau sekitar dua kali lipat dari versi sebelumnya (DP 1.4). Diharapkan DP terbaru mampu mendukung format video 8K (7680x4320) dengan refresh rate mencapai 60hz. Kemungkinan DP juga akan menggunakan metode penkodean yang lebih efisien.

IEEE 802.11ax

Kalian tentu tidak asing dengan perangkat Wifi. Tahun 2019 nanti akan dirilis perangkat WLAN dengan standar baru, IEEE 802.11ax atau WIFI-6. Teknologi ini dapat beroperasi pada spektrum sinyal 2,4 GHz dan 5 GHz dengan tambahan 1 GHz dan 7 GHz, jika tersedia.
Teknologi IEEE 802.11ax menghadirkan fitur baru yaitu OFDMA (Orthogonal Frequency-Division Multiple Access) untuk meningkatkan efisiensi spektrum secara keseluruhan. Selain itu, juga mendukung modulasi 1024-QAM untuk meningkatkan laju transmisi data. Kedua fitur tersebut mampu menawarkan kecepatan transmisi hingga 11 Gb/detik.

USB4

USB 3.0 sudah hadir satu dekade yang lalu. Kini, akan hadir versi terbaru yaitu USB4. Versi terbaru USB ini rencananya akan menggunakan protokol Thunderbolt 3. Hal ini memungkinkan USB4 akan memiliki performa bandwidth hingga 40 Gbit/s. Namun, USB4 tetap akan mendukung kompatibilitas dengan USB 3.2 dan USB 2.0.


Sumber :

https://www.teknojempol.com/2018/09/teknologi-komputer-terbaru-2019.html

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan Komputer di Indonesia

Pengertian Text Editor