Perkmebangan Komponen Komputer 2018

 

    SETIAP harinya teknologi selalu berkembang. Kemajuan teknologi pun akhirnya membantu manusia lebih mudah untuk melakukan berbagai macam hal. Tahun 2018 bisa dibilang menjadi tahun berkembang dan boomingnya beberapa terobosan teknologi.

Teknologi Memori

Memori RAM DDR5
Meski memori RAM DDR4 belum terlalu banyak dipakai pengguna komputer, namun beberapa waktu mendatang akan hadir teknologi memori RAM terbaru yaitu DDR5. Rencananya, JEDEC sebagai badan standarisasi teknologi memori flash akan merilis spesifikasi memori RAM DDR5 di tahun 2018.
Teknologi Komputer Terbaru Yang Akan Hadir di 2018
    RAM DDR5 akan menawarkan peningkatan kinerja dengan efisiensi yang lebih baik ketimbang RAM DDR4. Teknologi DDR5 akan meningkatkan jumlah bandwidth memori RAM. Hal ini tentu akan semakin meningkatkan kinerja komputasi pada platform server atau client. Selain itu, DDR5 juga akan sangat efisien dalam konsumsi daya. Dengan kecanggihan teknologi manufaktur yang ada saat ini akan membuat DDR5 dapat mencapai kapasitas memori yang jauh lebih besar.


Memori VRAM GDDR6

    Jika kalian mengenal VGA Card tentu akan tahu dengan VRAM (Video RAM). Saat ini, VRAM umumnya memiliki beberapa jenis memori yaitu GDDR3, GDDR5, GDDR5X, dan HBM (High Bandwidth Memory). Pada tahun 2018 nanti, beberapa produsen memori seperti Samsung, Micron, dan Hynix akan merilis memori grafis dengan teknologi baru yaitu GDDR6.

    Tidak jauh berbeda dengan teknologi DDR5, GDDR6 juga akan hadir dengan peningkatan kinerja dan efisiensi yang lebih baik. VRAM GDDR6 akan diproduksi dengan teknologi fabrikasi 21 nm sehingga mampu mencapai kapasitas 8 Gb atau 1 GB per chip. Bandwidth yang dihasilkan tiap chip mampu mencapai 16 Gbps. Konsumsi daya memori VRAM GDDR6 diperkirakan 10% lebih hemat ketimbang teknologi sebelumnya (GDDR5).
Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2018. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, pasti akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih. Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan kalian tentang teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungi website-website atau membaca majalah komputer.

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan Komputer di Indonesia

Pengertian Text Editor