Teknologi Komputer Pada tahun 2010


        Perkebangan komputer pada tahun 2010 sudah memasuki pada komputer generasi ke lima. Generasi ini telah berlangung dari tahun 1980. Pada akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal. 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu.

        Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.

        Pada generasi ini, dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, yaitu teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

        Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi ini berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.

        Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4.

        Kemajuan yang teradi pada teknologi komputer pada generasi ke 5 adalah pentium-4 yang merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium – 3.

3

Packard Bell iXtreme 4140i salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.

Ciri-ciri dari teknologi komputer pada generasi ke 5 ini adalah:

  • Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor
  • Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
  • Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih..
  • Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederha.

Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu:

2

mempunyai dua layar dengan desain mirip buku, pendesain lebih suka jika model ini disebut dengan Digital Book. Prototipe dari XO-2 dan One Laptop Per Child (OLPC).

1

TriBook dengan tiga konsep layar ultra lebar yaitu 21’ lebar layar. Ia juga memiliki sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre CPU, plus sebuah keyboard multitouch trackpad.

        Perkembangan teknologi komputer tahun 2010 sudah memasuki perkembangan pada generasi ke-5. Generasi ini dimulai sejak tahun 1980 hingga sekarang. Perkembangan yang terjadi saat generasi ke 5 ini muncul sangat pesat. teknologinya pun semakin canggih. Dimulai dari tanggal 12 agustus 1981 yang di cap sebagai standar komputer PC. Lalu dilanjutkan dengan perkembangan yang dilakukan oleh Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates dan pengembangan yang dinamakan Josephson Junction yang dapat menerjemahkan Bahasa manusia. Dilanjutkan dengan pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Ciri dari generasi ke-5 ini yaitu mengguakan LSI (Large Scale Integration, peningkatan askses data, memiliki fungsi yang lebih cerdas, dan fisik yang lebih kecil juga sederhana.

 

Sumber :

https://sites.google.com/site/yusminpadanggalosblancos/komputer/pengertian-dan-sejarah-perkembangan-komputer-generasi-pertama-sampai-sekarang

https://fauzanmaverick.wordpress.com/2010/08/15/sejarah-komputer-dari-generasi-pertama-hingga-sekarang/

http://teknologiinformasi.weebly.com/komputer-generasi-kelima.html

https://nindyastuti52.wordpress.com/2010/06/19/perkembangan-komputer-tahun-2010/

https://sabilabella.wordpress.com/2017/02/18/perkembangan-teknologi-komputer-tahun-2010/

 

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan Komputer di Indonesia

Pengertian Text Editor