Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

 Artificial Intelligence (AI) atau yang disebut kecerdasan buatan sudahlah tidak asing dalam perkembangan era industri 4.0. Hal ini telah memegang peranan penting sebagai penggerak industri 4.0. Untuk memperkenalkan hal tersebut kepada siswa SMA, Direktorat Pemasaran dan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Maranatha mengadakan webinar berjudul “AI Technology in Your Daily Life” pada Jumat, 12 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom. Materi mengenai AI ini dibawakan oleh dosen Program Sarjana Teknik Informatika, Hendra Bunyamin, S.Si., M.T.

Hendra mengatakan, AI merupakan kecerdasan yang ditambahkan pada suatu sistem. Contoh nyatanya adalah Siri yang dapat mengidentifikasi suara dan melakukan apa yang pengguna perintahkan untuk perangkat Apple yang mereka miliki. Hendra juga menjelaskan bahwa AI memiliki konsep yang luas dan terbagi dalam dua jenis, yaitu ANI dan AGI. ANI (Artificial Narrow Intelligence) atau kecerdasan buatan yang terbatas adalah sistem yang dapat bekerja jika sudah diprogram untuk melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan AGI (Artificial General Intelligence), merupakan kecerdasan buatan yang dapat melakukan apa yang manusia lakukan atau bahkan lebih.

Penerapan AI biasanya ada pada sistem komputer atau mesin sehingga sistem dapat mengenali data. Data tersebut didapatkan melalui berbagai cara, contohnya dengan cara manual labelingobserving behaviordownload from websites atau partnership. Untuk mempermudah peserta untuk mengerti, Hendra memberikan contoh-contoh AI yang sudah dipakai dalam kehidupan sehari-hari manusia. Contoh aplikasi yang populer dengan penggunaan AI adalah mesin pengenal objek dan pengenal wajah.

Terciptanya AI menurut Hendra dapat menghasilkan keuntungan bagi manusia. Karena dengan menggunakan AI, pekerjaan manusia akan terbantu sehingga manusia dapat lebih fokus untuk mengerjakan hal lain. AI juga dapat diterapkan pada berbagai bidang ilmu, dari bidang kesehatan, bahasa, hingga seni.


(Sumber)

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan Komputer di Indonesia

Pengertian Text Editor